Rahasia Terkini Awet Sehat (Anti Aging : Pengantar)

Anda sudah tahu apa itu Anti-aging? Anti-aging saat ini sudah sangat ramai di bicarakan di seluruh penjuru dunia karena perannya dalam memberikan solusi kesehatan kulit pada manusia. Dan kita tentu Anda akan bangga bahwa di negara kita ini, Indonesia, adalah negara pertama di dunia yang menyelenggarakan Program Magister Kekhususan Anti-Aging Medicine
Universitas Udayana, tepatnya di Bali.

"Anti-aging  medicine pada dasarnya adalah ilmu kedokteran yang mempelajari proses-proses penuaan, dankemudian melakakan berbagai terobosan bagaimana agar penuaan tidak menjadi fatal."
Berikut ini beberapa prinsip dasar ilmu kedoteran anti-aging: 

Pertama, anti-aging medicine adalah ilmu fungsional. Artinya, kita tidak hanya berpikir apa yang salah dengan tubuh kita. Akan tetapi,  lebih dari itu, kita melakukan perbaikan dan meremajakan fungsi dari tubuh-membuat tubuh mejadi lebih kuat, lebih sehat, dan memiliki gairah muda.

Kedua, anti aging medicine adalah ilmu preventif atau pencegahan. sekali terkena degradasi, seperti sakit jantung, stroke dan diabetes, maka Anda tahu bahwa obat-obatan terbaik pun kadang memiliki sedikit harapan. karena itu, kita melakukan tindakan yang agresif untuk mencegah penyakit yang timbul akibat penuaan dengan melakukan terapi nutrisi dan hormon terhadap fungsi metabolisme tubuh.

Ketiga, anti-aging medicine adalah ilmu yang holistik. Ilmu kedokteran modern melihat pasien bagian per bagian yang dikerjakan oleh para spesialis. Sebagai akibatnya, orang merasa tidak nyaman walaupun mereka diterapi oleh sekelompok doktes spesialis. Sebaliknya, para dokter praktisi anti-aging melakukan pendekatan holistik terhadap tubuh setiap orang. Setiap aspek kemudian di pertimbangkan dan dirawat dalam pandangan manusia yang utuh.

Keempat, anti-aging medicine adalah ilmu integratif. Dunia kedokteran juga memiliki "politiking" yang membuat satu sama lain sering berbeda pendapat  sehubungan dengan terapi konvensional dan terapi alternatif. masih banyak dokter konvesional yang berpendapat semua herbal dan pengobatan dengan nutrisi serupa dengan minyak ular, sama seperti banyaknya pratisi alternatif yang bernggapan semua obat-obatan farmasi sebagai racun. Tentunya kedua ektrem ini tidaklah benar,  dan dogma yang kaku seperti ini menghalangi kemajuan pengobatan. Anti-aging medicine menawarkan peluang sebagai integrative medicine. Tetap terbuka, tetapi selalu berdasarkan ilmu pengetahuan ilmiah, kita mengombinasikan terapi terbaik dan paling efektif,  baik menggunakan terapi konvensional maupun terapi alternatif.

Jadi kalau boleh disimpulkan, anti-aging medicine adalah kombinasi conventional medicine plus alterative medicine. 

Tentunya hal yang normal bagi semua orang menjadi lemah, tua, dan jadi pelupa seiring dengan pertambahan usia. Tapi, kita menginginkan yang lebih baik bagi pasien. Apapun status kesehatan Anda sekarang dan berapa pun usia Anda, semua ingin Anda bisa mengalami kebugaran dan kesehatan optimal seiring denga pertambahan usia Anda.


Di kutip dari buku, Rahasia Terkini Awet Sehat, oleh dr. Phaidon L. Toruan M.M & dr. Widya Murni, MARS
Previous
Next Post »

Yuk berkomentar sehat dan membangun! ConversionConversion EmoticonEmoticon